Food and Beverage Service

Deskripsi:

Food & Beverage Service Training – Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang menjanjikan. Dari tahun ke tahun, bisnis ini semakin berkembang. Hal ini dapat kita buktikan dari banyaknya masyarakat yang membuka bisnis ini maupun munculnya berbagai macam variasi baru dari makanan dan minuman tersebut.

Tidak sampai disana, kesadaran akan bisnis ini tidak hanya pada produknya, tapi juga jasa yang ditawarkan. Jasa melayani, jasa menyajikan, jasa menyambut calon konsumen, jasa menyediakan tempat yang nyaman, dan lain sebagainya. Jasa ini disebut Food and Beverage Service. Tujuan dari Food and Beverage Service adalah untuk mewujudkan kepuasan pelanggan atas makanan dan minuman yang dijual atau disajikan.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, kami mengadakan pelatihan Food and Beverage Service ini. Pelatihan ini adalah pelatihan yang memberikan pengetahuan dan mengajarkan skil/keahlian kepada seseorang, agar dapat melayani penyajian makanan dan minuman mereka, sehingga bisa menjadi pelayanan makanan dan minuman yang baik kepada tamu, dengan standar keahlian waiters hotel berbintang. Pelatihan ini sangat cocok bagi perusahaan Food And Beverage Service agar dapat memaksimalkan pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen sehingga tidak kalah oleh pelayanan yang diberikan pesaing/kompetitor.

Yang akan di pelajari:

       Pertemuan I
  • Hygiene & Grooming for Food Service personnel
  • Introduction to Food Service Industry
  • Restaurant Knowledge
  • Organization Structure of F&B Service 
  • Relations between F&B Service and Other Department.
       Pertemuan II
  • Personality Traits for Food Service personnel
  • Gears for a service person
  • Areas of work of a server
       Pertemuan III
  • Introduction to service mis en place
  • Types of restaurants and cuisines
  • Working in pantry area- prep work
       Pertemuan IV
  • Tools and Equipment
  • Polishing glass and silverware
  • Wiping plates and chinaware
  • Laying out tables and chairs
       Pertemuan V
  • Laying out tables and chairs
  • Table cloth and napkin folding
  • Setting up a table – basic setup
      Pertemuan VI
  • Food service sequence
  • Greeting and seating a guest
  • Beverage service – Presenting menu and carrying a tray
       Pertemuan VII
  • Setting up a table – extended setups
  • Setting up a table – banquets
      Pertemuan VIII
  • Serving hot beverages
  • Prepare and Serve Hot Tea
  • Carrying and placing plates and platters; pre-platted service and clearance
  • Platter to plate service-Silver service
      Pertemuan IX
  • Dessert – knowledge and service skills
  • Introduction to Starters/Appetizers
  • Introduction to accompaniments and condiments
       Pertemuan X
  • Introduction to Chinese cuisine
  • French, Italian and Mexican cuisines
  • Order taking skills
  • Suggestive selling
       Pertemuan XI
  • Buffet service- setting up buffet
  • Banquet service skills
  • Room service – setting up a tray
  • Room service – setting up a trolley
  • Service in guest rooms
       Pertemuan XII
  • Sanitation and hygiene concerns
  • Complaint Handling
  • Telephone handling and reservations
  • Supplies and store issues procedure
 
 

Metode Training:

  • Penyampaian Materi Secara Teori Oleh Instruktur Pelatihan.
  • Penyampaian Materi Secara Praktek Oleh Instruktur Pelatihan
  • Pemberian Tes/Evaluasi.
  • Ice Breaking
  • Fun Games
  • Tanya Jawab
  • Role Play

Fasilitas:

  • Flashdisk Materi
  • Sertifikat Pelatihan.
  • Trainer Berpengalaman.
  • Lunch
  • Snackbox
  • Souvenir

Tujuan:

Pelatihan ini bertujuan untuk membuat peserta memiliki pengetahuan tentang Food And Beverage Service dan dapat menjadi seorang waiters yang profesional sesuai standar hotel berbintang.

Target Peserta:

Perusahaan yang ingin membuat karyawannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli makanan dan minuman. Target lainnya adalah perorangan yang ingin memiliki skill menjadi seorang waiters dengan standar hotel berbintang.

Apa yang perlu dipersiapkan?

Peserta mempersiapkan buku catatan dan alat tulis atau bisa menggunakan laptop.

Durasi:

Durasi pelatihannya adalah 12 hari dimana satu hari akan dilaksanakan pelatihan selama 6 jam.

Jadwal Pelatihan:

Jadwal pelatihan untuk group/perusahaan berdasarkan kesepakatan antara group/perusahaan dengan STP Bogor Training Center. Sedangkan untuk jadwal perorangan, bisa klik disini.

Pengajar:

Ibu Tatik Sriwulandari, S.Tr. Par., M.M

Tatik Sriwulandari, S.Tr. Par., M.M bergabung dengan BHI Training Center sejak tahun 2013. Tatik merupakan seorang profesional di bidang Food and Beverage Service yang telah pernah bekerja di berbagai hotel berbintang, seperti Hotel Borobudur Inter-Continental Hotel Jakarta, Shangri-La Hotel Surabaya, dan Hyatt Regency Hotel Bandung. Alumni lulusan S2 Management Pariwisata ini, merupakan pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor. Selain itu, beliau juga berpengalaman dalam memberikan pelatihan-pelatihan dan seminar. Pengalaman tersebut membuatnya memiliki cara-cara yang efektif yang bisa membuat pelatihan terasa lebih bersemangat.

Training Lainnya:

Daftar Sekarang:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments

Usman March 13, 2020 at 5:18 am

Terima kasih kemaren trainingnya bagus dan bermanfaat 🙂

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *